Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Pentingnya Sholawat !

00.48 Unknown 0 Comments Category :



Assalamualaikum Wr.Wb
Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad
Untuk Mengawali Postingan pada website duniasholawat ini , saya akan membahas masalah sholawat , mulai dari pengertian , bacaan , pentingnya sholawat dan sebagainya.
Pengertian Sholawat
Shalawat secara bahasa merupakan bentuk jamak dari kata salla atau salat yang berarti: doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah. Sedangkan Sholawat menurut syar’i adalah pujian kepada nabi-nabi.
Perintah Sholawat
Artinya : “ Sesungguhnya Allah dan Malaikat malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman bersholawatlah untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. “ ( QS. Al-Ahzab : 56 )
Arti bershalawat juga dilihat dari pelakunya.
  • Apabila Shalawat itu datangnya dari Allah Swt maka berarti memberi Rahmat dan Kemuliaan kepada makhluk.
  • Apabila Shalawat itu datangnya dari malaikat berarti memberikan ampunan.
  • Sedangkan Apabila shalawat dari orang-orang beriman ( jin dan manusia ) maka berarti suatu doa agar Allah Swt memberi rahmat dan kesejahteraan kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya.
Shalawat juga berarti doa, baik untuk diri sendiri, orang banyak maupun kepentingan bersama. Sedangkan shalawat sebagai ibadah adalah pernyataan hamba atas ketundukannya kepada Allah Swt., serta mengharapkan pahala dari-Nya, sebagaimana yang dijanjikan Nabi Muhammad Saw., bahwa orang yang bershalawat kepadanya akan mendapat pahala yang besar, baik shalawat itu dalam bentuk tulisan maupun lisan (ucapan).
Bacaan Sholawat
Bacaan sholawat sangatlah banyak , seperti sholawat nariyah , sholawat munjiat , sholawat tibbil qulub dan sebagainya . Namun bacaan Sholawat yang singkat dan umum adalah :
“ Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad” atau “ Shollallahu ‘Ala Muhammad” atau “ Shollu ‘Ala Nabi”
Hukum Bersholawat
Mengenai Hukum membaca sholawat ini , ada beberapa pendapat dari para ulama . Ada yang mengatakan Wajib Bil Ijma , Wajib satu kali seumur hidup , ada juga yang mengatakan sunah . Namun yang paling masyhur adalah Sunnah Muakkad. Akan tetapi membaca sholawat dalam tasyahud akhir bacaan sholat adalah wajib karena itu termasuk dalam rukun sholat .Artinya sholat kita tidak akan sah tanpa bacaan sholawat .
Pentingya Sholawat
Ada banyak hadits yang menjelaskan masalah betapa pentingnya sholawat . Salah satu hadits yang membuat kita rajin membaca shalawat ialah: Rasulullah bersabda: “ Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya.”
Makanya, marilah kita untuk senantiasa membaca sholawat dimanapun kita berada , minimal satu hari kita bisa membaca 300x . Syukur-syukur bisa lebih Alhamdulillah.
Pada Hadits lain juga dijelaskan “Barang siapa bersholawat kepada Nabi 10x di pagi hari dan 10x di sore hari maka ia berhak mendapat syafaat Nabi di hari kiamat.” ( HR. Ath – Thabrani dan dinyatakan Basan As )
Bersholawat kepada Nabi juga merupakan salah satu sebab terkabulnya doa.
Jadi mari kita renungkan betapa pentingnya sholawat, apakah ada yang tidak mau bersama Rasululloh disurga-Nya. Maka mari kita terus berusaha untuk membuat Rosululloh bahagia dengan mengikuti sunnah – sunnahnya. Jangan punya pikiran, jika sholawat hanya harus menghadiri majlis – majlis saja, tapi dimanapun kapanpun bisa kita lantuntan sholawat Nabi Muhammad SAW.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada post pertama ini . apabila ada kesalahan kami minta maaf dan mohon silahkan saran dan masukanya dikomentar.
Terima Kasih. Syukron Katsiron.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Sumber : Internet

RELATED POSTS

0 komentar